RE: Apa pengertian dan akibat yang ditimbulkan apabila tidak mengurus roya?

Di setiap kantor pertanahan ada sebuah kegiatan penghapusan hak tanggungan (roya), nah apakah yang dimaksud dengan roya ? benarkah kalau kita tidak mengurus roya dapat menimbulkan konflik? apakah itu sangat penting ? tolong dijelaskan.

salshabilaa SMA Ditanyakan on 23 Mei 2016 pada Kehidupan.
Tambah Komentar

Yang dimaksud dengan Penghapusan hak tanggungan (roya) adalah penghapusan hak jaminan karena pelunasan hutang tertentu, ini disebabkan oleh pihak debitur yang menjaminkan sertifikat tanahnya kepada pihak kreditur, sehingga pihak kreditur akan menerbitkan sertifikat hak tanggungan yang menyatakan bahwa pihak debitur mempunyai beban/hutang. Lalu disaat pihak debitur telah melunaskan hutang nya maka dia berhak menghapus serifikat hak tanggungan tersebut, proses inilah yang disebut dengan penghapusan hak tanggungan (roya).

Sebenarnya kegiatan penghapusan hak tanggungan (roya) tidak terlalu diwajibkan. Akan tetapi jika kita tidak segera mengurus roya, maka sertifikat kita masih dianggap memiliki beban/hutang sehingga tidak dapat berfungsi apabila tanahnya ingin dijual, dihibahkan, ganti nama atau kegiatan lainnya yang menyangkut kepada sertifikat tanah tersebut.

Sarjana Terjawab on 23 Mei 2016
Tambah Komentar
Loading...

Jawaban Anda

Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.