RE: Apakah merokok membatalkan puasa ?

Assalamualaikum.. ada yang tau dalil yang berkata jika merokok membatalkan puasa ? karena kalau merokok kan menghirup udara, sama saja ketika kita bernafas masak juga membatalkan puasa ? apakah benar bisa begitu ?

tantaram SMP Ditanyakan on 19 Juni 2016 pada Agama.
Tambah Komentar
Jawaban Terbaik

Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatu.
Pada dasarnya yang membatalkan puasa adalah hanya 3 hal, yaitu: bersetubuh, makan dan minum [lihat al-Baqarah 187].
Makanan dan minuman yang membatalkan puasa di artikan sebagai berikut :

  • Sesuatu yang mengenyangkan dan/atau menghilangkan dahaga secara HAKIKI kepada orang yang mengkonsumsinya, sekali pun dalam jumlah yang sedikit. Maksudnya adalah: Apa saja makanan yang diambil secara sengaja dan sampai ke perut, maka ia membatalkan puasa. Apa saja minuman yang diambil secara sengaja dan melalui tenggorokan, maka ia membatalkan puasa. Apa saja zat makanan yang dimasukkan ke dalam darah melalui suntikan, umpama glukosa yang diberikan kepada pesakit yang tidak dapat makan dan minum seperti biasa, ia juga membatalkan puasa dan memberi kesan psikologi berupa kepuasan atau kenikmatan yang mengenyangkan dan/atau menghilangkan dahaga bagi nafsu.

Merokok itu membatalkan puasa. Benar bahwa asap rokok bukanlah makanan atau minuman. Tetapi bagi penghisap rokok, ia adalah suatu nikmat umpama makanan yang memuaskan mereka. Maka menghisap rokok membatalkan puasa. Akan tetapi bagi orang di sekitarnya yang terhisap asap rokok tersebut (secondary smoker), ia tidak membatalkan puasa karena asap rokok tersebut bukanlah satu nikmat bagi diri mereka. Menghirup atau terhirup asap kendaraan lalu lintas yang sesak tidak dianggap membatalkan puasa. Ini karena asap kendaraan bagi manusia yang normal –tanpa dibedakan dia penghisap rokok atau tidak– bukanlah suatu nikmat yang memuaskan.

Sarjana Terjawab on 19 Juni 2016
Tambah Komentar
Loading...

Jawaban Anda

Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.