RE: Bagaimana cara para ilmuwan menentukan umur fosil ?

Saya bingung kenapa para ilmuran itu bisa mengetahui berapa ilmu fosil, apakah ada alat yang digunakan untuk mendeteksinya? tolong admin jelaskan bagaimana cara para ilmuwan menentukan umur fosil ?

salshabilaa SMA Ditanyakan on 13 Juni 2016 pada Pengetahuan.
Tambah Komentar
Jawaban Terbaik

1. Metode Radiometric Dating

Metode radiometric dating sangat umum yang dilakukan oleh ahli arkeolog diseluruh dunia, yang pada intinya dari metode ini adalah menghitung perbandingan unsur tertentu pada specimen fosil untuk kemudian dibandingkan dengan kandungan unsur yang sama pada atmosfir dengan prinsip waktu paruh peluruhan atom. Dari semua jenis radiometric dating ini, yang akan saya bahas adalah pendekatan unsur karbon atau lebih ngetren dengan istilah carbon dating atau C-14 dating. Metode ini dikembangkan oleh professor Kimia di Amrik bernama Willard Libby di akhir 1940an yang akhirnya menjadi metode standard bagi para arkeolog di seluruh dunia.

2. Metode Stratigrafi

Stratigrafi ini cabang dalam geologi yang diperuntukkan meneliti lapisan bumi, tepatnya lapisan batuan di lapisan terluar bumi alias kerak, dan terbentuknya lapisan-lapisan itu. Bidang ini pertama diteliti mendalam sama Nicolas Steno tahun 1669, yang bikin teori dasar agar para ilmuwan bisa menganalisa umur fosil berdasarkan letaknya di lapisan tanah yang berbeda. Nah, masing-masing lapisan itu disebut stratum, kalo banyak disebut strata

Sarjana Terjawab on 13 Juni 2016

terimakasih admin pertanyaanku.com :)

on 13 Juni 2016.
Tambah Komentar
Loading...

Jawaban Anda

Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.