RE: Bagaimana sejarah bahasa pemogramman java ?

bahasa pemogramman java itu menurut saya bahasa pemogramman yang unik dan keren, namanya seperti pulau jawa di indonesia dalam bahasa inggris. Bagaimana sejarah bahasa pemogramman java ?

kokbisa TK Ditanyakan on 4 April 2016 pada Proggraming.
Tambah Komentar
Loading...
Jawaban Terbaik

Berbicara tentang sejarah, pembahasannya memang panjang.

Sejarah Java
Bahasa ini resmi rilis pada tahun 1995, dan sebelum itu mengalami banyak perubahan sampai menjadi bahasa pemrograman yang utuh.
Pada tahun 1991, dibentuknya suatu tim yang diberi nama “Green”.
Tim ini dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling. Java sendiri dipelopori oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan dari perusahaan Sun Microsystems, Inc yang merupakan bagian dari Oracle..

Awalnya mereka ingin membuat suatu bahasa komputer yang dapat digunakan oleh TV kabel ( Cable TV Box) yang memiliki memori kecil dan setiap perusahaan memiliki tipe yang berbeda.
Untuk mengaplikasikan hal tersebut mereka menggunakan hal yang pernah dicoba oleh bahasa pascal.

Mereka membutuhkan kurang lebih 18 bulan untuk membuat versi pertamanya. Pada tahun 1992 tim green membuat produknya yang diberi nama *7 (Star Seven), namun produk ini gagal dipasaran.
Setelah itu dibuat produk yang baru yang menjadi cikal bakal Java, pada awalnya bahasa pemrograman yang dibuat tersebut diberi nama “Oak“ (Kemungkinan nama ini diambil dari nama pohon yang ada didepan jendela James Gosling), tapi kemudian diubah menjadi “Java” pada tahun 1995 karena nama “Oak” telah dijadikan hak cipta dan digunakan sebagai bahasa pemrograman lainnya.

Antara pembuatan Oak pada musim gugur 1992 hingga diumumkan ke publik pada musim semi 1995, banyak orang yang terlibat dalam desain dan evolusi bahasa ini. Bill Joy, Arthur van Hoff, Jonathan Payne, Frank Yellin, dan Tim Lindholm merupakan kontributor kunci yang mematangkan prototipe aslinya.

Sejarah tersebut didapat dari Wikipedia.org

Sarjana Terjawab on 4 April 2016
Tambah Komentar

Jawaban Anda

Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.