RE: Belum menikah, 23 tahun, gaji 3,6 jt/bulan. Mau beli mobil. Bijaksanakah?

saya perempuan, 23 tahun, belum menikah, fresh graduate dengan gaji 3,6 jt/bulan, masih tinggal di rumah ortu.
saya ada rencana mau beli mobil karena butuh. yang murah aja, harganya sekitar 100 jt-an. DP 38 juta dari ortu, cicilan oleh saya sendiri. perbulan cicilan sekitar 1,6 – 1,8 jt.
Keputusan bijaksanakah? atau terlalu beresiko?

inairsa TK Ditanyakan on 14 Mei 2016 pada Ekonomi.
Tambah Komentar
Loading...

Halo inairsa kami dari Mahasiswi Psikologi dan Ahli Ekonomi akan membantu menjawab pertanyaan anda.
Disini saya akan memberikan 2 jawaban beserta alasan dengan sudut pandang yang berbeda. Berikut jawaban dan penjelasan dari kami.

  • Tidak bijaksana, dengan gaji 3,6 juta ketika anda memutuskan untuk membeli mobil bukan hanya pembayaran kredit tiap bulannya yang menjadi beban akan tetapi biaya perawatan dari mobil tersebut, membeli mobil dengan credit pastinya berbunga anggap saja bungan 5% apakah anda siap dengan bunga 5% ?. Masalah selanjutnya anda belum menikah maka membeli mobil bukanlah keputusan yang tepat dan terlalu beresiko karena anda seharusnya menabung untuk keperluan anda sendiri dimasa yang akan datang dimana usia anda adalah usia ideal untuk menikah (21-26)
  • Bijaksana, ketika anda membeli mobil di usia yang relative muda ini merupakan hal yang luar biasa, dengan cicilan kredit mobil secara tidak langsung psikologi anda akan memacu untuk berkerja lebih keras mendapatkan uang tentunya anda akan menjadi seorang wanita creatif karena tekanan ini, dimana usia 23 tahun adalah usia produktif untuk mengoptimalkan pendapatan anda. Dengan membeli mobil anda melepaskan zona nyaman (comfort zone) untuk lebih bisa masuk ke zona tertantang dimana anda dituntut untuk lebih kreatif dalam mendapatkan uang.

Kesimpulan : Anda seharusnya memprioritaskan kebutuhan primer dan sekunder terlebih dahulu, menurut saya mobil adalah kebutuhan tersier yang anda bisa beli ketika anda sudah mempunyai cukup tabungan.

Sarjana Terjawab on 14 Mei 2016
Tambah Komentar

Jawaban Anda

Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.