RE: Mengapa Bahasa inggris Bisa Menjadi Bahasa “International” ?

Bahasa inggris banyak di gunakan di banyak negara, bahkan ada yang mewajibkan penggunaan bahasa inggris. Kenapa Bahasa Inggris bisa menjadi bahasa International ?

Julliamarry SMP Ditanyakan on 4 Februari 2016 pada Pengetahuan.
Tambah Komentar
Loading...
Alasan mengapa bahasa inggris dijadikan bahasa internasional adalah sebagai berikut :
  1. Besarnya koloni Inggris di era penjajahan.
  2. Salah satu bahasa tertua yang ada di dunia dan berasal dari dataran britania sekitar abad ke-8
  3. Memiliki perkembangan kosakata yang sangat pesat. Menurut tim riset para penilit di Harvard University dan Google mencatata bahwa penambahan kosakata dalam bahasa inggris menembus 8.500 kata per tahun. Hingga detik ini jumlahnya telah berkembang menjadi 1.022.000 kata.  Perkembangan  kosakata ini menjadi salah satu patikan layak tidaknya suatu bahasa dianggap sebagai bahasa internasional.
  4. Merupakan bahasa dari negara maju yang banyak menciptakan inovasi dan penyebaran ilmu pengetahuan. Mulai dari ilmuwan sampai perkembangan revolusi industri. Pola ini juga  seperti yang terjadi dahulu, ketika dikuasai keilmuan dikuasai Arab maka bahasa yang banyak digunakan adalah bahasa Arab, diikuti latin – bahasa latin, Yunani dst. 
Awal mula bahasa ini tersebar di penjuru dunia adalah ketika meluasnya pengaruh Britania Raya pada abad ke-17 dan 20 melalui Imperium Britania. Ini dilanjutkan tatkala penyebara kebudayaan dan teknologi didominasi oleh negara Amerika Serikat yang menggunakan bahasa inggris. Dengan demikian, alasan-alasan dan fakta inilah yang menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa utama secara de facto (tidak resmi dan dianggap lingua franca atau bahasa pengantar di seluruh dunia.
 
Nah itulah sejarah mengapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional.
Doktor Terjawab on 21 September 2016
Tambah Komentar

Jawaban Anda

Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.