RE: Uraikan prosedur dalam sistem penerimaan kas dari penjualan tunai?

dalam sebuah sistem terdapat banyak prosedur. Tolong Jelaskan apa saja prosedur dalam sistem penerimaan kas dari penjualan tunai.

salshabilaa SMA Ditanyakan on 13 April 2016 pada Pengetahuan.
Tambah Komentar
Loading...

Penjualan tunai dilaksanakan oleh perusahaan dengan cara mewaiibkan pembeli melakukan pembayaran harga barang lebih dahulu sebelum barang diserahkan oleh perusahaan kepada pembeli. Setelah uang diterima oleh perusahaan, barang kemudian diserahkan kepada pembeli dan transaksi penjualan tunai kemudian dicatat oleh perusahaan.

Sistem Penerimaan Kas dari Penjualan Tunai dibagi jadi tiga prosedur berikut ini:

  • Penerimaan Kas dari Over-the Counter Sale
    Dalam Over-the Counter Sale ini, perusahaan menerima uang tunai, cek pribadi (personal check), atau pembayaran langsung dari pembeli dengan credit card, sebelum barang diserahkan kepada pembeli. Penerimaan kas dari Over-the Counter Sale dilaksanakan melalui prosedur berikut ini:

a. Pembeli memesan barang langsung kepada wiraniaga (sales person) di Bagian Penjualan.
b. Bagian Kasa menerima pembayaran dari pembeli, yang dapat berupa uang tunai, cek pribadi (personal check), atau kartu kredit.
c. Bagian Penjualan memerintahkan Bagian Pengiriman untuk menyerahkan barang kepada pembeli.
d. Bagian Pengiriman menyerahkan barang kepada pembeli.
e. Bagian Kasa menyetorkan kas yang diterima ke bank.
f. Bagian Akuntansi mencatat Pendapatan penjualan dalam jurnal penjualan.
g. Bagian Akuntansi mencatat penerimaan kas dari penjualan tunai dalam jurnal penerimaan kas.

  • Penerimaan Kas dari Cash-on-delivery sales (COD sales)
    COD sales adalah transaksi penjualan yang melibatkan kantor pos, perusahaan angkutan umum, atau angkutan sendiri dalam penyerahan dan penerimaan kas dari hasil penjualan. COD sales melalui pos dilaksanakan dengan prosedur berikut ini:

a. Pembeli memesan barang lewat surat yang dikirim melalui kantor pos.
b. Penjual mengirimkan barang melalui kantor pos pengirim dengan cara mengisi formulir COD sales di kantor pos.
c. 
Kantor pos pengirim mengirim barang dan formulir COD sales sesuai dengan instruksi penjual kepada kantor pos penerima.
d. Kantor pos penerima, pada saat diterimanya barang dan formulir COD sales, memberitahukan kepada pembeli tentang diterimanya kiriman barang COD sales.
f. Pembeli membawa surat panggilan ke kantor pos penerima dan melakukan pembayaran sejumlah yang tercantum dalam formulir COD sales. Kantor pos penerima menyerahkan barang kepada pembeli, dengan diterimanya kas dari pembeli.
g. Kantor pos penerima memberitahu kantor pos pengirim bahwa COD sales telah dilaksanakan.
h. Kantor pos pengirim memberitahu penjual bahwa COD sales telah selesai dilaksanakan, sehingga penjual dapat mengambil kas yang diterima dari pembeli.

  • Penerimaan Kas dari Credit Card Sale
    Sebenarnya credit card bukan merupakan suatu tipe penjualan namun merupakan salah satu cara pembayaran bagi pembeli dan sarana penagihan bagi penjual, yang memberikan kemudahan baik bagi pembeli maupun bagi penjual. Credit card dpaat merupakan sarana pembayaran bagi pembeli, baik dalam over-the-counter sale maupun dalam penjualan yang pengiriman barangnya dilaksankan melalui jasa pos atau angkutan umum. Dalam over-the-counter sale, pembeli datang ke perusahaan, melakukan pemilihan barang atau produk yang akan dibeli, melakukan pembayaran ke kasir dengan menggunakan kartu kredit. Dalam penjualan tunai yang melibatkan pos atau angkutan umum , pembeli tidak perlu datang ke perusahaan penjual. Pembeli memberikan persetujuan tertulis penggunaan kartu kredit dalam pembayaran harga barang, sehingga memungkinkan perusahan penjual melakukan penagihan kepada bank atau perusahaan penerbit kartu kredit. Kartu Kredit dapat digolongkan menjadi 3 kelompok, yaitu:

a. Kartu kredit Bank (bank card)
b. Kartu kredit Perusahaan (company cards)
c. Kartu kredit bepergian dan hiburan (travel and entertainment cards)

Sarjana Terjawab on 14 April 2016
Tambah Komentar

Jawaban Anda

Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.