Apa fungsi bulu ketiak ?

Saat saya sakit waktu kecil, ibu saya mengecek suhu badan saya dengan termometer di bagian ketiak, kenapa demikian ? kenapa tidak mengecek di bagian lain seperti tangan atau perut, kenapa harus di bagian ketiak ? pertanyaannya Apa fungsi bulu ketiak ?

SMA Ditanyakan on 12 Maret 2016 pada Ilmiah.
Tambah Komentar
  • Loading...
    2 Jawaban

    Beberapa teori berusaha menjelaskan fungsi bulu ketiak pada manusia. Alasan yang paling dasar adalah bahwa bulu ketiak memberikan perlindungan pada ketiak dari gesekan pada daerah ini. Alasan lain yang lebih mendalam berfokus pada pentingnya bulu ketiak dalam fungsi reproduksi.

    Sarjana Terjawab on 12 Maret 2016
    Tambah Komentar

    Bulu ketiak merupakan bagian tubuh manusia. Adanya bulu ketiak merupakan bagian dari perjalanan panjang manusia dalam berevolusi. Dipercaya, pertumbuhan bulu di beberapa tempat pada tubuh manusia merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh, baik untuk menjaga kehangatan, penguapan atau mekanisme perlindungan.

    Apa saja manfaat bulu ketiak bagi tubuh?

    Manfaat bulu ketiak masih diperdebatkan. Hal ini merupakan sebuah misteri yang banyak dipertanyakan. Khususnya pada saat ini, dimana banyaknya paparan media tentang model yang menghilangkan bulu ketiak, membentuk pandangan bahwa bulu ketiak sudah seharusnya dihilangkan.

    Namun, beberapa teori berusaha menjelaskan fungsi bulu ketiak pada manusia. Alasan yang paling dasar adalah bahwa bulu ketiak memberikan perlindungan pada ketiak dari gesekan pada daerah ini. Alasan lain yang lebih mendalam berfokus pada pentingnya bulu ketiak dalam fungsi reproduksi.

    Pada hewan mamalia, feromon atau hormon reproduksi dapat menarik lawan jenis untuk mendekat. Namun feromon kurang berperan pada manusia, atau mungkin kita yang belum menemukan feromon pada manusia sampai saat ini?

    Ternyata kelenjar apokrin ketiak dipercaya dapat berfungsi sebagai ‘feromon’ yang menarik calon pasangan. Seperti yang telah dipaparkan, kelenjar apokrin dan kelembaban pada bulu ketiak dapat menyebabkan bau ketiak yang menandakan bahwa Anda sudah sampai tahap siap untuk bereproduksi. Fakta ini sejalan dengan fakta bahwa bau badan umumnya terjadi pada masa remaja.  Berdasarkan penelitian terakhir, ternyata setiap manusia memiliki bau ketiak yang berbeda satu sama lain, yang memberikan identitas unik pada setiap manusia.

    Walaupun misteri fungsi bulu ketiak masih memerlukan penelitian lebih lanjut, ternyata bulu ketiak bukan saja bulu yang tumbuh tanpa fungsi. Namun bulu ketiak memiliki fungsi dasar dalam menunjang kehidupan manusia.

    Doktor Terjawab on 14 September 2016
    Tambah Komentar
    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.