Apa pengertian startup ?

Baru-baru ini kalangan anak muda di hebohkan dengan munculnya bahasa startup, mereka yang senang dengan IT mungkin saya kira startup. tapi banyak definisi yang berbeda setiap orang. namun saya ingin tau dari para master Apa pengertian startup ?

Doktor Ditanyakan on 22 Maret 2016 pada Pengetahuan.
Tambah Komentar
  • Loading...
    2 Jawaban

    Perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangandan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Mulai berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000, nyatanya istilah Startup banyak “dikawinkan” dengan segala yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut.

    Kenapa itu bisa terjadi? Kembali melihat ke belakang  ternyata hal tersebut terjadi dikarenakan istilah Startup sendiri mulai popular secara internasional pada masa buble dot-com, lalu apa lagi buble dot-com  itu? fenomena buble dot-com adalah ketika pada periode tersebut (1998-2000) banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.

    Sarjana Terjawab on 22 Maret 2016
    Tambah Komentar

    Startup menurut pemahaman saya, sebuah proses bisnis bisa dalam lingkup kecil – menengah atas yang menggunakan internet sebagai platform bisnis utamanya, memiliki team dan belum bisa disebut karyawan, bisa minimal satu – dua orang, maraknya nama startup tersebut membuat kita bertanya apa pengertiannya dan apa bedanya, menurut pengertiannya, startup memiliki beda dan kesamaan dengan sebuah korporate,

    Agar lebih mudah mungkin saya ambil sedikit sample :
    Startup itu ibarat skateboard, dilihat dari proses bisnisnya, strukturnya, dan caranya dia menentukan strategi, skateboard, jika kita mengendarai skateboard jika kita ada lubang dijalan, kita bisa langsung belok dengan cepat sesuka kita, jatuh dan bangun dengan sendirinya. semua kita yang mengendalikannya secara penuh. itulah proses bisnis startup, punya banyak tantangan sendiri.

    Beda dengan korporate :
    Korporate merupakan sebuah kapal laut, semua awak harus disusun dengan baik, mau ke arah mana, dengan siapa anda berlayar, dan dengan bahan apa anda berlayar, ketika anda memutuskan sesuatu anda harus merundingkan semua problem kepada semua awak kapal, anda tidak bisa memutuskan sendiri masalah itu, kecuali anda startup. di korporate anda akan belajar, bagaimana berusaha, bekerja sama dengan orang lain untuk menciptakan suatu goal yang besar, dan semua itu didiukung melalui sebuah komitmen yang besar dan tidak hanya coba-coba, namun jika di startup kita masih bisa berubah haluan sesuai kita mau. namun disinilah tantangannya. semua punya caranya masihng-masing.
    salam.

    SMP Terjawab on 23 Maret 2016
    Tambah Komentar
    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.