Apa saja jenis-jenis kopi di Dunia ?

Kopi merupakan komoditas perkebunan yang menunjang ekspor sumber daya alam di Indonesia seperti informasi yang saya dapatkan dari website ini, namun pertanyaannya Apa saja jenis-jenis kopi di Dunia ? beserta speciality kopi ya

SMA Ditanyakan on 8 April 2016 pada Pertanian.
Tambah Komentar
  • 2 Jawaban

    Begitu banyak varietas kopi di Dunia saat ini, Saya akan menjelaskan Kopi Speacialty Non konvensional yang diminati oleh Konsumen di Dunia dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia

    • Mandailing Coffee (Sumut)
    • Lintong Coffee (Sumut)
    • Gayo Mountain Coffee (Aceh)
    • Java Arabica Coffee (Jatim)
    • Kintamani Coffee (Bali)
    • Toraja Kalosi Coffee (Sulsel)
    • Flores Bajawa Coffee (NTT)
    • Balliem Coffee (Papua)
    • Luwak Coffee (Jawa)

    Sarjana Terjawab on 8 April 2016
    Tambah Komentar

    Kopi Arabika

    Jenis kopi ini merupakan jenis kopi yang paling banyak ditanam dan tersebar ke seluruh dunia lho, Loopers. Produsen penghasil kopi Arabika yang paling utama di dunia berasal dari negara-negara di benua Afrika. Sekarang ini, kamu bisa menikmati berbagai macam olahan kopi Arabika yang mengadopsi racikan sajian kopi Italia seperti cappuccino, latte, dan espresso.

    Kopi Robusta

    Sama seperti kopi Arabika, kopi Robusta juga merupakan kopi yang banyak diproduksi. Dibandingkan dengan kopi Arabika, kopi Robusta ini lebih mudah dibudidayakan karena tanamannya kuat dan tahan terhadap penyakit dan hama. Rasanya pun lebih kuat dan kandungan kafeinnya lebih banyak dari biji kopi Arabika. Pengolahan kopi Robusta ini biasanya dibuat sebagai kopi tubruk.

    Kopi Luwak

    Ini nih kopi yang digadang-gadang sebagai kopi yang paling enak. Kopi luwak merupakan kopi yang dihasilkan dari konsumsi biji kopi oleh hewan luwak yang mana kopi tersebut akan terbuang bersama dengan ampas kotoran hewan itu sendiri. Kopi ini terkenal dengan kualitasnya karena hewan luwak ini nggak mau mengonsumsi kopi yang nggak matang.

    Kopi Liberika

    Kopi ini berasal dari Liberia, Afrika. Rasa yang dimiliki kopi Liberika ini bisa dikatakan seperti perpaduan antara kopi Robusta dan kopi Arabika. Kopi ini sering diolah menjadi espresso, latte, dan cappuccino.

    Kopi Kolombia

    Kopi Kolombia masih termasuk dalam golongan kopi Arabika dan diperkenalkan pertama kali di Kolombia pada tahun 1800an. Kopi ini biasa disajikan sebagai kopi hitam dan pemberi aroma pada cake kopi.

    Kopi Lintong

    Sama seperti kopi Kolombia, kopi Lintong ini masih termasuk dalam varietas kopi Arabika. Kopi ini berasal dari negeri kita sendiri, yaitu daerah Mandailing, Sumatera Utara. Kopi ini biasa disajikan sebagai kopi hitam.

    Kopi Toraja

    Kopi jenis Arabika ini tumbuh di dataran tinggi Toraja, Sulawesi Selatan. Biasanya kopi ini disajikan menjadi kopi tubruk dan kopi susu.

    Kopi Kona

    Merupakan jenis kopi yang paling langka dan paling mahal harganya. Kopi ini paling banyak diproduksi di Hawaii dan memiliki kandungan kafein yang paling tinggi di antara jenis kopi lainnya.

    Doktor Terjawab on 14 September 2016
    Tambah Komentar
    Loading...

    Smilies Kaskus

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.