Apa Syarat Tumbuh Tanaman Teh ?

Seperti yang kita tau selama ini tanaman teh hidup di dataran yang tinggi namun belum cukup itu saja syaratnya, pasti ada syarat tumbuh lainnya untuk tanaman the ini. tolong jelaskan apa saja syarat tumbuh tanaman teh..

SMA Ditanyakan on 20 Juni 2016 pada Pertanian.
Tambah Komentar
  • 2 Jawaban

    Berikut syarat tumbuh tanaman teh berdasarkan iklim :

    • Curah Hujan. 1500 sampai dengan 3500 mm pertahun dengan hari hujan lebih dari 150 hari. Sebenarnya yang menentukan produksi adalah ketersediaan air yang merupakan selisih antara jumlah curah hujan dengan evaportranspirasi. Jika terjadi defisit air yang cukup berat maka produksi tanaman akan menurun.
    • Temperatur dan Kelembapan. Secara umum temperatur yang sesuai adalah 13’C dan 28-32’C. Suhu diatas 32’C sudah tidak memungkinkan bagi tanaman teh untuk berfotosintesis apalagi diikuti dengan kelembapan yang rendah. Pertumbuhan tanaman yang lambat dan dormansi akan terjadi pada kondisi temperatur yang rendah.
    • Panjang Hari. Panjang hari akan mempengaruhi pertumbuhan dan dormansi tanaman teh. Jika panjang hari kurang dari 11jam dan berlangsung paling sedikit 6 minggu, perlu tanaman teh akan mengalami dormansi

    Sarjana Terjawab on 20 Juni 2016
    Tambah Komentar

    Berikut syarat tumbuh tanaman teh berdasarkan faktor tanah :

    • Tanaman teh akan tumbuh baik pada tanah berdrainase baik, dengan kedalaman optimal ber-pH antara 4.5 sampai 5.5 dan memiliki bahan organic lebih dari 2 persen.
    • Tanah yang dangkal atau terjadi pemadatan akan membatasi pertumbuhan akar. Untuk menghindari terjadinya kekeringan pada daerah perakaran, sebaiknya tidak terdapat lapisan padas pada kedalaman kurang dari 2meter. Sebaiknya permukaan air tanah tidak kurang dari 90cm
    • Untuk menjamin ketersediaan air, maka perlu juga dipertimbangkan bentuk permukaan lahan yang memungkinkan air dapat tertangkap dengan baik.

    Sarjana Terjawab on 21 Juni 2016
    Tambah Komentar
    Loading...

    Smilies Kaskus

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.