Apa yang dimaksud dengan prinsip ekonomi?

Dalam kehidupan sehari-hari banyak orang menerapkan sebuah prinsip ekonomi. Bagi sebagian orang awam masih ada yang tidak mengerti apa itu prinsip ekonomi. Tolong jelaskan sedetail mungkin tentang prinsip ekonomi ya min. Terimakasih

SMA Ditanyakan on 14 April 2016 pada Ekonomi.
Tambah Komentar
  • Loading...
    1 Jawaban

    Arti Prinsip Ekonomi:
    Definisi dari prinsip ekonomi adalah pengorbanan sekecil-kecilnya guna mendapatkan hasil sebesar-besarnya atau bisa juga diartikan dengang modal seminimnya mampu menghasilkan pendapatan sebesar-besarnya.

    Contoh prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari:
    Misalnya jika kita hendak membeli suatu barang pasti kita akan membandingkan harga barang tersebut dari toko yang satu dengan toko yang lainnya, setelah kita mendapatkan barang yang harganya lebih murah dan kualitasnya bagus maka kita akan membeli barang tersebut. Selanjutnya mencari barang yang harganya diskon atau yang ada potongan harga.

    Ciri-ciri Prinsip Ekonomi:

    • Selalu hemat
    • Selalu mentukan kebutuhan yang terpenting terlebih dahulu atau kebutuhan yang mendesak dan di urutkan sampai dengan kebutuhan yang tidak terlalu penting.
    • Bertindak dengan rasional dan ekonomis, menentukan kebutuhan melalui perencanaan yang sudah matang.
    • Bertindak dengan prinsip “pengeluaran biaya diikuti dengan hasil yang di dapatkan.”

    Yang Ditimbulkan Akibat Prinsip Ekonomi:
    Yang dapat ditimbulkan karena prinsip ekonomi, diantaranya sebagai berikut ini:

    1. Bertindak ekonomis
    Bertindak secara ekonomis merupakan tindakan seseorang atau manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya, dengan tindakan yang rasional yaitu setiap tindakan melalui pemikiran atau dipikirkan secara matang terlebih dahulu dan selalu berpegang pada prinsip ekonomi. Seseorang dikatakan bertindak secara ekonomis jika berhasil mendapat keseimbangan antara hasil dan pengorbanan yaitu kebutuhannya dapat terpenuhi sebaik mungkin dan pengorbanan atau biaya yang dikeluarkannya sekecil mungkin.

    2. Berpikir ekonomis
    Maksud dari berpikir ekonomis bukan hanya bagaimana cara memakai sumber yang telah ada (dari alam), misalnya seperti: menggunakan hasil yang di dapatkan dari alam lalu di habiskan begitu saja di konsumsi untuk memenuhi keperluan sehari-hari, akan tetapi bagaimana cara melakukan nilai hasil dari apa yang didapat dari alam supaya memiliki nilai guna yang lebih baik lagi, untuk mengimbangi keperluan atau kebutuhan yang akan semakin kesini semakin meningkat. Dan seseorang dapat di katakana ekonomis jika orang tersebut telah melakukan tindaka produksi.

    Sarjana Terjawab on 14 April 2016
    Tambah Komentar

    Smilies Kaskus

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.