Bagaimana kondisi lahan pertanian di Indonesia ? Apakah dapat dikatakan tanah Indonesia adalah tanah yang subur ?

Indonesia adalah negara yang berada di garis katulistiwa, dengan iklim tropis. Apakah Keadaan tanah di Indonesia dapat dijadikan sebagai lahan pertanian ? bagaimana kondisi lahan pertanian di Indonesia ? Apakah dapat dikatakan tanah Indonesia adalah tanah yang subur ?

SMP Ditanyakan on 17 Januari 2016 pada Pertanian.
Tambah Komentar
  • 1 Jawaban

    Pertanyaan yang bagus, baik saya akan menjawab pertanyaan “bagaimana kondisi lahan pertanian di Indonesia ? Apakah dapat dikatakan tanah Indonesia adalah tanah yang subur ?”

    Pada dasarnya tanah di Indonesia secara rata-rata adalah tanah yang subur, berdasar survei para ahli Pertanian kita, lahan lahan pertanian di Nusantara ini sudah lebih dari 60 persen dalam kondisi kritis. dalam arti unsur hara tanah sudah jauh di bawah kadar normal yang 4 – 5 persen. Banyak lahan lahan pertanian yang unsur haranya tinggal 2 persen, bahkan ada yang 1 persen. Dikatakan bahwa penggerusan unsur hara ini terjadi akibat pemakaian pupuk pupuk kimia sintetis, juga pestisida dan obat obatan kimia yang berlebihan. Selain unsur hara yang tergerus, pupuk pupuk yang berbasis amonia seperti urea akan menurunkan PH tanah, dan juga membuat tanah semakin lama semakin keras ( bantat ) dan tandus.

    Sarjana Terjawab on 18 Januari 2016
    Tambah Komentar
    Loading...

    Smilies Kaskus

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.