Kapan Masa Subur Wanita ?

wanita harus tau kapan masa subur mereka, tapi saya baru pubertas, saya ingin tau pengetahuan kesehatan tentang hal ini, mungkin ada penjelasan tentang hal ini, kapan masa subur wanita ?

SMP Ditanyakan on 19 Februari 2016 pada Kesehatan.
Tambah Komentar
  • 1 Jawaban

    1. Menghitung Masa Subur Teratur

    Penghitungan ini digunakan apabila siklus menstruasi seorang wanita teratur, misalnya setiap 28 hari. Dalam masa menstruasi 28 hari, hari pertama haid dihitung sebagai hari ke-1 , masa suburnya adalah hari ke-12 sampai hari ke -16 dalam siklus haid tersebut

    Misalnya, Seorang istri mengalami haid pada tanggal 2 februari, tanggal 2 Februari tersebut dihitung sebagai hari ke-1. Maka hari ke-12 jatuh pada tanggal 13 februari dan hari ke 16 jatuh pada tanggal 17 februari. Jadi masa subur terjadi sejak tanggal 13 februari sampai tanggal 17 februari.

    2. Menghitung Masa Subur Tidak Teratur

    Penghitungan ini digunakan apabila siklus menstruasi seorang wanita tidak teratur

    Berikut tips untuk menghitung masa subur jika yang siklus haid tidak teratur dalam 28 hari :

    1. Catatlah jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan atau 6 siklus. Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.
    2. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11 Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

    Rumus :

    Hari pertama masa subur =Jumlah hari terpendek dikurang 18

    Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang dikurang 11

    Misalnya, Seorang istri mengalami menstruasi dengan masa siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya).

    Perhitungannya :

    26 dikurang 18 = 8 dan 32, dikurang 11 = 21.

    Jadi masa suburnya adalah mulai dari hari ke-8 hingga hari ke-21 dari hari pertama haid.

    Semoga informasi dan tips dari Prenagen dapat membantu  anda untuk segera mendapatkan momongan. Dalam mempersiapkan kehamilan sebagai seorang calon ibu harus mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan seperti asam folat, kalsium, vitamin, dan mineral. Asupan nutrisi bagi wanita untuk mempersiapkan kehamilannya terdapat dalam susu PRENAGEN esensis. Susu dengan nutrisi lengkap serta rendah lemak baik di konsumsi 3-4 bulan sebelum mempersiapkan masa kehamilan.

    SMA Terjawab on 21 Februari 2016
    Tambah Komentar
    Loading...

    Smilies Kaskus

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.