Kenapa di Indonesia tidak turun salju seperti di Eropa ?

Saya ingin tau, di indonesia tidak turun salju seperti ketika saya menonton film di tv saat shooting di eropa ada salju gitu, kn keren yaa. Kenapa di Indonesia tidak turun salju seperti di Eropa ?

SMP Ditanyakan on 15 Januari 2016 pada Ilmiah.
Tambah Komentar
  • Loading...
    2 Jawaban
    Jawaban Terbaik

    Karena di indonesia mempunyai iklim yang berbed dengan eropa, iklim di indonesia termasuk tropis sedangkan di eropa sub-tropis

    Doktor Terjawab on 15 Januari 2016
    Tambah Komentar

    Indonesia merupakan negara yang memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim panas. Hal ini disebabkan letak geografis Indonesia yang berada di sekitar garis khatulistiwa. Baik ketika Matahari sedang berada di utara maupun di selatan garis khatulistiwa, Indonesia akan tetap mendapat jumlah radiasi Matahari yang lebih panjang dari kebanyakan negara lain. Akibatnya, temperatur di Indonesia hampir tidak pernah berubah. Bila temperatur di Indonesia dirata-ratakan setiap bulannya, selisih temperatur rata-rata dengan temperatur tiap bulan sangat kecil. Dengan demikian, Indonesia dapat dikatakan mengalami musim panasnya pada siang hari, dan musim dinginnya pada malam hari, dengan lama siang dan malam kurang lebih sama.

    Namun, itu tidak berarti Indonesia tidak memiliki daerah bersalju loh! Indonesia memiliki banyak dataran tinggi dan pegunungan. Nah, temperatur di dataran tinggi dan pegunungan bisa sangat rendah. Di Papua, ada Pegunungan Jayawijaya, yang merupakan rangkaian pegunungan tertinggi di Indonesia. Di puncak gunung tertingginya, yaitu Puncak Jaya, yang tingginya hampir mencapai 4.900 meter di atas permukaan laut, terdapat salju abadi. Pegunungan Jayawijaya merupakan satu-satunya tempat di Indonesia yang bersalju, karena temperaturnya yang sangat dingin.

    Temperatur yang dingin di Jayawijaya terkait dengan tingginya pegunungan tersebut. Temperatur udara turun sebesar 1 derajat untuk setiap kenaikan ketinggian sebesar 100 m. Jadi, pada ketinggian seperti itu, temperatur di Puncak Jaya akan turun sebesar 49°C dari temperatur di permukaan laut. Nah, bila temperatur di pantai sekitar 30°C, temperatur di Puncak Jaya adalah sekitar -19°C, sehingga salju dapat terbentuk di sana. (/JoL)

    Doktor Terjawab on 21 September 2016
    Tambah Komentar
    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.