Mengapa saat saya minum kopi susah tidur ?

Saat saya minum kopi susah tidur.. kenapa saat saya susah untuk tidur
kopi itu mengandung apa sih kok saya susah tidur kalo minum kopi ?

SMA Ditanyakan on 14 Januari 2016 pada Ilmiah.
Tambah Komentar
  • 2 Jawaban

    Baik saya akan menjawab pertanyaan anda “Mengapa saat saya minum kopi susah tidur ?”
    Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang tidak terlalu sering meminum kopi. Mereka mungkin mengalami insomnia dan tidur mereka terganggu jika kopi dikonsumsi 30-60 menit sebelum tidur. Beberapa orang malahan tidak bisa tidur sama sekali, meskipun mereka minum kopi tiga atau empat jam sebelum tidur. Semua kembali pada kepekaan setiap orang pada kopi.

    Bagi mereka yang minum kopi secara teratur, kafein tidak mempengaruhi tidur mereka. Untuk mencegah insomnia dari kopi, solusi terbaik adalah dengan tidak minum kopi atau tidak mengkonsumsi produk yang mengandung kafein setelah jam lima sore.

    Sarjana Terjawab on 14 Januari 2016
    Tambah Komentar

    Memang benar kopi itu bisa bikin susah tidur. Lo, kenapa? Karena Di dalam kopi yang kita minum, mengandung zat yang bernama kafein.

    Bila kamu mengkonsumsi kafein, hormon dalam tubuh akan bekerja lebih cepat dan aktif.

    Jantung dan syaraf pun juga demikian. Karena itu, akhirnya orang yang minum kopi selalu merasa segar dan tidak merasa ngantuk.

    Sebuah studi baru yang dilakukan di Inggris menemukan kafein yang terkandung dalam kopi tak hanya berfungsi sebagai stimulan tetapi juga benar-benar memperlambat kinerja jam internal tubuh.

    Perlambatan ini disebabkan oleh tertundanya produksi hormon tidur atau biasa disebut dengan melatonin gara-gara ulah kafein. Penundaannya sendiri berlangsung hingga 40 menit.

    Hebatnya, efek ini masih terasa meski orang yang bersangkutan meminum kopi tiga jam sebelum tidur. Bisa dibayangkan bilamana seseorang minum kopi beberapa menit menjelang istirahat malam.

    Di akhir studi didapati fakta bahwa satu dosis kafein di malam hari sudah cukup memperlambat jam internal tubuh hingga 40 menit lamanya. Itu sama dengan dampak menyalakan lampu di dalam kamar selama tiga jam, mengingat orang-orang yang ada di dalam lab ini tidak terpapar sinar matahari maupun cahaya lampu yang terang selama 50 hari.

    Doktor Terjawab on 13 September 2016
    Tambah Komentar
    Loading...

    Smilies Kaskus

    Dengan memposting jawaban, anda setuju dengan Kebijakan Privasi dan ketentuan layanan.